Latest news

Cetak Konvensional Ada Sebelum Cetak Digital

No comments

Print Banner – Perkembangan informasi dan teknologi semakin cepat membuat teknologi yang dulu di anggap sebuah keajaiban kini hanya hal yang biasa. Hal ini juga di alami dalam dunia cetak. Yang dulu cetak konvensional adalah hal yang hebat karena kita bisa mencetak apapun dengan cara cetak dalam, tinggi dan lain – lain namun seiring berkembangnya waktu muncullah cetak digital yang saat ini banyak di gunakan untuk memenuhi kebutuhan percetakan. Mari kita mengenal apa saja cetak konvensional yang dulu banyak di gunakan sebelum adanya cetak digital.

Berdasarkan bentuk acuan nya cetak konvensional dapat di bagi menjadi empat, apa saja itu ?

Print Banner

Print Banner : Cetak Offset

Pertama adalah cetak datar atau Offset, cetak offset untuk zaman dulu di lakukan dengan menggunakan tenaga manual namun untuk sekarang sudah ada mesin yang dapat mempersingkat cetak dan membantu tenaga manusia dalam proses cetak. Yang kita akan bahas adalah cara cetak Offset zaman dahulu, bagaimana prosesnya. Bagian Mencetak (BM) Sama tingginya dengan Bagian Tidak Mencetak (BTM) (proses produksinya dilengkapi dengan bantuan air pembasah). Proses pencetakan diawali dengan membasahi BM dan BTM, kemudian penintaan melalui rol tinta. Tinta hanya menempel pada BM dipersiapkan hanya menerima tinta dan menolak air, sedangkan BTM menolak tinta menerima air.

Print Banner

Print Banner : Cetak tinggi

Yang kedua adalah cetak tinggi atau letter press, untuk cetak dengan teknik ini dilakukan dengan BM lebih tinggi di bandingkan dengan BTM. Untuk proses cetak di lakukan dengan mengalihkan tinta-tinta pada rol ke BM menggunakan rol – rol. Untuk BM di buat dengan lapisan yang mudah menerima tinta dari rol.

Print Banner

Print Banner : Cetak dalam

Cetak Dalam atau Gravure Printing, Bagian Mencetak (BM) lebih rendah dari Bagian Tidak Mencetak (BTM) (proses produksinya dilengkapi dengan RAKEL sebagai penghapus/penggaruk tinta diatas BTM). Lapisan tinta dari rol tinta menempel pada BM dan BTM dengan menggunakan RAKEL, lapisan tinta pada BTM dihapus/digaruk, sehingga tinta tinggal pada BM.

Print Banner

Print Banner : cetak saring

Yang terakhir adalah cetak saring, Bagian Mencetak (BM) berlubang akan di tembus oleh tinta sesuai dengan desain yang di buat BM berbentuk lubang-lubang diantara jaringan acuan cetak. Melalui model yang disinari, bagian acuan yang semula dilapisi lapisan peka cahaya yang tidak terkena cahaya larut oleh cairan pengembang jadi berlubang. Pencetakan tinta menerobos pada lubang saringan yang berbentuk model/gambar.

Cara Order Online Di Mangrove Printing :

  • Kirim email file desain atau permintaan orderan ke [email protected]
  • Hubungi CS Online Kami lewat Telepon atau Whatsapp ke 0857-9920-5499
  • Melakukan pembayaran dengan transfer ke rekening Mangrove:

Atas nama : RIZKI AKBAR

Mandiri : 137-00-164-38380

BNI : 0821832050

BCA : 1690249720

BRI: 138401000031561

  • Kami menerima pengiriman menggunakan GO-Send dan jasa pengiriman tertentu untuk customer didalam kota Yogyakarta
  • Untuk customer luar kotaYogyakarta, kami menyediakan jasa pengiriman barang melalui jasa Pos dan JNE

ORDER ONLINE VIA WA :

Mangrove Printing Cabang Gejayan :

CS Online: 0857-9920-5499

Email   : [email protected]

Telp     : (0271) 6411510/(0271) 6411545

Office  : Jl. Bougenvile Block CTX No. 02, Yogyakarta

Cetak Konvensional Ada Sebelum Cetak Digital

Related Posts